Sembahyang

Bagaimana sembahyang ?
Untuk sembahyang sehari-hari, yang saya lakukan adalah pada saat “Bangun Tidur” dan ketika “Menjelang Tidur”.

Bagaimana posisi sembahyang?
Kita cukup terlentang layaknya orang tidur, dengan telapak tangan kiri diletakan tepat di atas Jantung, dan telapak tangan kanan diletakan tepat di atas puser.

Apa doanya ketika sembahyang?

Bangun Tidur
Terimakasih Ghusti, Ingsun dapat bangun kembali. “Saudara Papat limo pancer”, mari kita sama-sama manfaatkan hari ini dengan baik.

Menjelang Tidur
Niat ingsun tidur, ikhlas dan pasrah pada Ghusti. “Saudara Papat limo pancer”, sugeng sare, badan sare hati wungu. Matursuwun, sudah bersama-sama dengan dalem/saya dari bangun hingga tidur kembali.

Eling
Sebelum melakukan segala sesuatu, sebagai seorang Kejawen harus Eling lan Waspodo. Arti kekiniannya, kita harus selalu sadar dan konsentrasi pada apa yang kita akan lakukan. Tetapi arti yang sebenarnya, kita harus selalu ingat dengan Ghusti, dan bahwa segala sesuatu kejadian tidak lepas dari interaksi kita dengan segala sesuatu di sekitar kita termasuk alam, sesepuh, dan mahluk halus lainnya.

Sembayang lainnya:
Dapat dilakukan dalam keadaan Duduk atau Sila, Berdiri, maupun Terlentang.
Selain sembahyang wajib, akan lebih baik dilakukan dalam keadaan Duduk atau Sila, telapak tangan kiri menempel di dada, dan telapak tangan kanan menempel pada puser, atau dengan tangan kanan di bawah tangan kiri.

Menyembayangi orang Meninggal:
Doanya : Dari Surga kembali ke Surga. Ghusti mohon ampunan untuk teman, saudara, dlsb.(bisa 3 x atau 7 x) Semoga dapat kembali ke asalnya. Dari Surga kembali ke Surga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s